Ingin Liburan Akhir Tahun Tetap Seru Tanpa Menguras Dompet? Simak 5 Tipsnya di Sini!

Akhir tahun semakin dekat, apakah Sobat sudah menyiapkan rencana untuk liburan? Kalau sudah, yuk simak beberapa tips hemat supaya liburan akhir tahun Sobat tetap seru dan menyenangkan berikut ini!

5 Tips Hemat Liburan Akhir Tahun

1. Buat Anggaran Liburan Akhir Tahun

Buat Anggaran untuk Liburan Akhir Tahun

Rencanakan pengeluaran secara mendetail berdasarkan dana liburan yang dimiliki. (Foto: Real Simple)

Bukan hanya keuangan bulanan saja yang perlu dianggarkan, liburan pun harus direncanakan. Dalam anggaran liburan ini, Sobat alokasikan dana yang sudah tersedia untuk berbagai kebutuhan dan pengeluaran. Mulai dari transportasi, penginapan, uang makan, belanja oleh-oleh, sampai tiket masuk tempat hiburan, rencanakan semua dengan mendetail, ya!

2. Manfaatkan Promo Semaksimal Mungkin

Promo Khusus untuk Liburan

Mkaksimalkan program promo sesuai dengan kebutuhan agar liburan makin hemat. (Foto: Klook)

Karena liburan akhir tahun bisa dibilang merupakan momen yang “dirayakan” se-Indonesia, bahkan satu dunia, jangan heran ada banyak promo menarik yang ditawarkan. Agar makin hemat, Sobat bisa manfaatkan promo tersebut, seperti diskon tiket pesawat terbang, potongan harga kamar hotel, atau harga khusus untuk tiket masuk tempat wisata. Di samping itu, masih ada promo lain seperti diskon tarif ojek online yang bisa Sobat manfaatkan juga agar liburan nanti jadi makin nyaman dan hemat.

Hanya saja, agar promo dan diskon tidak justru jadi sumber pemborosan, gunakan secara hati-hati dan bijak, ya. Gunakan promo yang memang benar-benar Sobat butuhkan saja sehingga pengeluaran selama liburan tetap sesuai dengan anggaran yang dibuat.

3. Makan di Tempat yang Terjangkau

Makan di Warung

Kenyang dan murah, pilih makan di warung saja! (Foto: GoTravelly)

Jadi turis memang sering “dipaksa” keluar uang banyak untuk makan, apalagi di tempat-tempat yang memang jadi langganan wisatawan. Meski begitu, Sobat masih punya trik untuk mengakalinya agar pengeluaran untuk makan tidak kebablasan, kok. Salah satunya adalah dengan makan di warung biasa yang tidak terlihat seperti warung makannya para wisatawan.

4. Pertimbangkan Open Trip

Ilustrasi Open Trip

Open trip bisa jadi pilihan untuk liburan dengan harga hemat. (Foto: Kompasiana)

Open trip adalah sistem wisata yang sangat populer di kalangan anak muda, terutama karena biayanya yang terjangkau. Lewat open trip, Sobat pada dasarnya bisa mengikuti paket tur seperti pada umumnya. Hanya saja, untuk menekan biaya, tur dilakukan secara rombongan dengan pendaftaran yang bebas di lakukan di agen wisata penyelenggara.

Kalau Sobat tidak keberatan menghabiskan waktu liburan akhir tahun dengan orang-orang yang belum pernah di kenal dalam rombongan, open trip jelas merupakan opsi yang patut untuk dipertimbangkan. Apalagi, jumlah peserta dalam tiap rombongan bervariasi, sehingga Sobat bisa memilih mana yang paling cocok dengan budget dan selera pribadi. Tapi, pada dasarnya biaya akan lebih murah jika ada lebih banyak orang yang tergabung di dalam rombongan.

5. Persiapkan Tabungan dari Jauh-Jauh Hari

Ilustrasi Tabungan Liburan Akhir Tahun

Siapkan dana untuk tabungan liburan. (Foto: MyDiscoveries)

Liburan bukanlah pengeluaran yang butuh dana sedikit. Karena itu, Sobat perlu mempersiapkan dana yang cukup dengan menabung terlebih dahulu. Walaupun liburan akhir tahun ini belum kesampaian dilakoni, Sobat masih punya banyak kesempatan lain di tahun berikutnya, kok. Karena itu, siapkan dana liburan mulai dari saat ini.

Tapi, bagaimana kalau Sobat ingin liburan namun gaji pas-pasan? Meskipun Sobat punya tabungan, tapi bisa jadi tujuan tabungan tersebut berbeda, alias bukan untuk liburan. Kalau Sobat mengalami hal ini, Sobat tak perlu cemas, kok. Soalnya, ada beberapa solusi yang bisa Sobat lakukan, misalnya dengan menjalankan bisnis sampingan.

Sebelum Sobat protes soal modal, tahukah Sobat kalau ada beberapa ide bisnis yang bisa dimulai dengan segera walaupun dengan modal minim sekalipun? Dengan begitu, Sobat bisa tetap jalankan usaha sampingan sebagai sumber tabungan liburan tanpa keluar modal besar sampai jutaan, kan?

Salah satunya adalah menjadi agen pulsa dan pembayaran PPOB dengan aplikasi Unitedtronik. Apalagi, Sobat bisa berjualan kapan saja dan di mana saja tanpa harus punya konter karena cukup menggunakan aplikasi di smartphone. Mudah, kan?

Dapat penghasilan tambaham, bonus liburan. Yuk download aplikasi Unitedtronik sekarang juga di Play Store dan App Store!