Ingin Memulai Bisnis Kecil? Jawab Dulu 3 Pertanyaan Penting Ini, Yuk!

Wanita Muda Sukses Memulai Bisnis Kecil

Apakah Sobat sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis kecil? Walaupun bisnisnya belum dimulai, Sobat sudah berada di jalur yang tepat, kok. Soalnya, memang ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan masak-masak sebelum benar-benar memulai bisnis Sobat sendiri.

Walaupun bisnis yang dimulai masih cukup kecil, hal ini tetap merupakan salah satu keputusan penting yang bisa memengaruhi kehidupan Sobat. Sebab, Sobat akan dituntut untuk menginvestasikan waktu dan tenaga untuk bisnis Sobat agar bisa berkembang. Hal ini berbeda dengan kerja kantoran. Sebab, bisa dibilang semua keputusan dan faktor penentu maju-mundurnya bisnis di tahap awal akan sangat bergantung pada Sobat sebagai pemilik.

Baca juga: Bisnis Online atau Offline, Pilih yang Mana? Temukan Jawabannya di Sini!

Meski demikian, jika Sobat sudah membuat rencana soal apa yang akan dilakukan begitu Sobat memulai usaha sendiri, proses ini bisa menjadi salah satu pengalaman seru dalam kehidupan Sobat.

Ingat, Sobat Memulai Bisnis Kecil untuk Sobat!

Ilustrasi Wirausahawan Muda yang Puas

Foto: Shutterstock

Ketika Sobat masih memikirkan masak-masak ide untuk memulai bisnis kecil, Sobat harus cari tahu lebih dulu apakah keputusan ini benar bagi diri Sobat sendiri. Artinya, apakah keputusan untuk memulai dan menjalankan bisnis ini tepat bukan bagi tetangga, teman, atau siapapun yang mencoba mendesak Sobat kalau Sobat harus memulai usaha sendiri.

Soalnya, salah satu hal terpenting yang harus dimiliki siapapun yang ingin memulai usaha sendiri adalah niat dan semangat untuk melakukannya. Sobat tidak bisa melakukannya dengan terpaksa, apalagi angin-anginan atau sesuai dengan mood Sobat.

Nah, untuk membantu Sobat mencari tahu apakah keputusan memulai bisnis sendiri memang tepat untuk Sobat atau tidak, jawablah tiga pertanyaan berikut ini.

Tiga Pertanyaan yang Perlu Sobat Tanyakan

Apakah Sobat Benar-Benar Ingin Bekerja Secara Mandiri dan Menjadi Orang yang Membuat Semua Keputusan Serta Menanggung Segala Tanggung Jawabnya?

Ilustrasi Pemilik Usaha Sedang Bekerja

Foto: Shutterstock

Ada beberapa tipe orang yang memang lebih menyukai lingkungan yang lebih “terkungkung”, yang biasanya dirasakan dengan bekerja sebagai pegawai kantoran. Di sini, ada bos yang membuat keputusan manajerial, dan karyawan lah yang melakukan pekerjaannya dengan imbalan berupa gaji pokok serta tunjangan. Dengan begitu, tanggung jawab karyawan dan ekspektasi pemilik atau manajer atas kinerja karyawan sudah jelas.

Sementara itu, ketika Sobat menjalankan bisnis sendiri, segalanya bekerja sangat berbeda. Sobat bisa dibilang jadi “perusahaan”, sehingga keberhasilan dan kegagalan bisnis Sobat sepenuhnya bergantung pada diri Sobat sendiri. Tak ada seorang pun yang menyuruh-nyuruh Sobat untuk melakukan sesuatu, membuat keputusan bisnis, dan “gaji” Sobat bergantung pada kemampuan untuk menarik pelanggan.

Baca juga: Tips Mudah Pembukuan Sederhana untuk Usaha Kecil

Apakah Sobat Bersedia Bekerja Keras dan Berkorban dengan Memulai Bisnis Sendiri?

Ilustrasi Pasangan Muda Sukses Memulai Bisnis Kecil Toko Roti

Foto: Shutterstock

Mereka yang sudah berpengalaman pasti pernah berkata bahwa menjalankan bisnis sendiri berarti tidak memiliki jam kerja yang pasti seperti pegawai kantoran. Apalagi ketika sebuah bisnis baru memasuki fase startup, yang bisa memakan waktu bulanan sampai tahunan. Pemilik akan bekerja pontang-panting jadi manajer, karyawan, resepsionis, akuntan, dan posisi apapun yang memang dibutuhkan. Hal ini sering kali berarti kerja berjam-jam setiap hari. Belum lagi, hanya akhir pekan dan hari libur nasional saja yang bisa sepenuhnya dinikmati untuk bersantai.

Bagi Sobat yang sudah berkeluarga, Sobat harus memastikan juga kalau mereka siap akan kondisi itu. Untuk mengompensasi berkurangnya waktu yang dihabiskan dengan keluarga, Sobat bisa melibatkan pasangan dan anak dalam bisnis apabila memungkinkan. Belum lagi, langkah ini bisa melatih jiwa pekerja keras di dalam diri keluarga Sobat, yang pasti akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

Baca juga: 7 Kebiasaan Pengusaha Ini Bantu Mereka Sukses Berbisnis!

Apakah Sobat Punya Kepercayaan dan Disiplin Diri untuk Bertahan dan Membangun Bisnis Menuju Sukses?

Wirausahawan Wanita Muda Menjalankan Bisnis Sendiri

Foto: Shutterstock

Tak ada kesuksesan yang dibangun hanya dalam semalam – kalaupun ada, mempertahankan kesuksesan itu juga jauh lebih sulit. Pada dasarnya, Sobat perlu bekerja keras, bersabar, dan bertahan untuk bisa membangun bisnis yang sukses. Sebab, ada beberapa jenis bisnis yang memang bisa menghasilkan untung hanya dalam beberapa bulan, tapi ada juga yang butuh  waktu lebih lama.

Kegagalan dan tantangan jelas akan menghadang. Di sini, Sobat perlu berpikir selayaknya seorang pemain sepak bola di atas lapangan yang tidak berlarut-larut memikirkan umpan yang gagal atau tendangan yang membentur tiang gawang. Tapi, Sobat perlu memotivasi diri agar tetap percaya diri di sisa menit yang tersisa sampai akhirnya bisa mencetak gol di gawang lawan!

Baca juga: SMART Goal, Apa Itu? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Apakah Sobat Sudah Siap Memulai Bisnis Kecil?

Ilustrasi Pemilik Bisnis Sedang Bekerja dari Kafe

Foto: Shutterstock

Bagi Sobat yang menjawab “ya” untuk semua pertanyaan di atas, selamat! Secara garis besar, Sobat sudah siap untuk menjadi bos bagi diri sendiri dengan menjalankan bisnis kecil impian Sobat selama ini.

Kalau Sobat masih belum yakin apa bisnis yang ingin Sobat jalankan, Unitedtronik menawarkan opsi yang menarik, dan pastinya aman serta terpercaya. Dengan menjadi mitra Unitedtronik, Sobat bisa memanfaatkan sistem pembayaran online berbagai produk yang dibutuhkan masyarakat untuk penghasilan tambahan, bahkan jika Sobat tetap ingin bekerja di kantor atau fokus mengurus keluarga di rumah!

Bukan hanya produknya yang lengkap, Unitedtronik juga dapat diakses menggunakan satu aplikasi smartphone saja. Dengan begitu, transaksi bisa Sobat lakukan kapan saja dan di mana saja menggunakan satu smartphone tanpa harus pakai kode atau format tertentu yang membingungkan!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera bergabung dan dapatkan aplikasi Unitedtronik Sobat sekarang juga di Play Store dan App Store. Download aja dulu, gratis kok!